WELCOME TO Fary's BLOG

Jak Man

Jak Man

Rabu, 09 November 2011

SMKN 2 Depok Di Karantina

SELAMAT MEMBACA
KARANTINA SMK 2 DEPOK 


(Rabu:09/11/2011)  Menyusul wabah hepatitis A di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Sawangan Depok, Jawa Barat, hari ini masih diliburkan. Sebagai upaya untuk mencegah virus meluas, dinas kesehatan kota Depok melakukan penyemprotan disinfektan di SMKN 2 Sawangan karena hepatitis A sangat mudah menular di lingkungan tidak bersih. Nanda Febriani adalah siswa kelas I SMKN 2 Sawangan Depok yang didiagnosis menderita hepatitis A dan masih menjalani pemulihan di rumahnya di Rangkapan Jaya Baru, Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Wajah Nanda masih terlihat pucat, bola matanya pun masih terlihat kuning sebagai mana ciri penderita hepatitis A. Dia masih membutuhkan obat obatan, mulai dari obat penghilang nyeri hingga mual.

Kondisi yang dialami Nanda ini sudah terjadi sejak seminggu lalu. Terkait terus bertambahnya penderita hepatitis A dilingkungan SMKN 2 Sawangan yang kini berjumlah 90 orang, Rusnandar selaku orang tua siswa yang terjangkit hepatitis meminta pihak sekolah meningkatkan kebersihan lingkungan.

Sementara itu meski sepi dari aktivitas belajar mengajar suasana di sekolah SMKN 2 Sawangan, Depok pada hari ini terlihat cukup ramai. Sejumlah guru terlihat aksi bersih bersih di sejumlah ruang sekolah.

Upaya meminimalisir penyeberan hepatitis di sekolah ini juga dilakukan oleh dinas kesehatan kota Depok dengan penyemprotan desinfektan. Pihak dinkes kota Depok tengah menunggu uji lab terhadap jajanan sekolah yang menyebabkan penyebaran virus hepatitis A. Penyakit hepatitis adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang hati dan jenisnya ada beragam.

Di Indonesia umumnya ditemukan virus hepatitis A, B dan C. Kendati hepatitis A tergolong paling ringan, dan tidak mematikan, namun mudah menular melalui alat makan atau minum yang tidak bersih. Sedangkan untuk hepatitis B dan C, yang perlu di waspadai adalah seringkali gejalanya tidak ditunjukkan oleh ciri fisik.

Untuk pencegahan diperlukan imunisasi atau vaksinasi dan tentu saja yang paling penting, adalah menjaga kebersihan diri dan lingkungan agar tidak terpapar, virus hepatitis

  thanks 4 read - Fary F Maliombo

0 komentar:

Posting Komentar